Penyebab Sifilis dan Cara Mencegahnya

Penyebab Sifilis

Sifilis adalah penyakit menular seksual, penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri yang dikenal sebagai bakteri spiroset Treponema pallidum sub-spesies pallidum., ditularkan ke yang lain dengan kontak seksual langsung.

Infeksi mempengaruhi area genital, anus, mulut atau bibir pada kedua jenis kelamin, Untuk janin selama kehamilan dan persalinan, dan orang yang berhubungan seks tanpa sarana isolasi, atau yang berhubungan seks, abnormal, oral atau anal, dan pekerja di rumah sakit melalui akupunktur yang terinfeksi oleh kesalahan, yang paling rentan terhadap infeksi.

penyebab dan pencegahan sipilis

Penyebab sifilis Kontak seksual langsung dengan orang yang terinfeksi. Gesekan dan kontak dengan area yang terinfeksi. Transmisi dari ibu ke janin dengan tali pusat, yang menyebabkan cacat lahir dan kadang-kadang kematian. Transfusi darah terkontaminasi dengan kuman. Terkena luka terbuka ke kuman.

Gejala sifilis Gejala bervariasi tergantung pada tahap infeksi, mulai dari gejala primer, sekunder atau toraks, mulai dari ulkus kulit sederhana hingga gejala yang lebih serius, seperti: masalah di otak, jantung atau organ lainnya.

Stadium 1 (sifilis awal): Pasien memiliki satu atau lebih ulkus, ulkus ditandai dengan warna merah solid, biasanya 10 hingga 90 hari setelah terpapar, dan sembuh dalam waktu 4 hingga 8 minggu tanpa meninggalkan jejak.

Tahap kedua (tahap sekunder): Pasien muncul pada ruam kulit berwarna merah muda, terutama pada tangan dan kaki, seperti yang ditunjukkan kutil lunak di telinga, dan bintik-bintik putih di dalam mulut, pembengkakan kelenjar getah bening, dan pasien mengalami demam dan kebotakan di tempat-tempat tertentu dan menurunkan berat badan, Gejala-gejala ini biasanya hilang tanpa pengobatan.

Sifilis Tak Terlihat: Pada tahap ini tidak ada gejala penyakit, di mana kuman tidak efektif.

Baca juga  Tanda-tanda dan ciri Penyakit Sifilis pada Pria dan Wanita

Tahap III (stadium III): Sifilis berkembang tanpa adanya pengobatan ke tahap ini, yang merupakan kejadian masalah serius di jantung, saraf dan otak, yang dapat menyebabkan kebutaan, demensia / tuli, impotensi, kelumpuhan dan dalam beberapa kasus kematian. Pengobatan sifilis Mengambil obat-obatan dan antibiotik di bawah pengawasan medis. Tunduk pada prosedur bedah (terutama pada fase III).

Cara Mencegah sifilis

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah infeksi sifilis, antara lain :

  • Hindari hubungan seksual di luar nikah.
  • Menahan diri dari membangun hubungan seksual sampai infeksi benar-benar dihilangkan.
  • Melakukan tes laboratorium secara rutin, terutama dalam hal hubungan seksual terlarang.
  • Jangan berbagi jarum suntik.
  • Penggunaan sarana isolasi yang tersedia saat hubungan seksual.
  • Sterilkan pakaian pasien.
  • Perhatian terhadap kebersihan area genital.
  • Makan makanan yang mencegah infeksi seksual seperti bawang putih.