Penyakit Gonore Kencing Nanah, Gejala dan Pengobatannya

Gonore adalah penyakit menular seksual yang sering disebut sebagai ‘kencing nanah’ atau ‘Penyakit Go’. Penyakit kelamin ini disebabkan oleh bakteri Neisseria (juga disebut bakteri Go, sering disingkat sebagai “GC” oleh dokter). Di banyak negara termasuk Indonesia, Kencing nanah merupakan penyakit kelamin no 2 terbanyak setelah klamidia di antara penyakit menular seksual yang lain.

Pada pria dan wanita jika kencing nanah tidak diobati, ia dapat menyebar ke seluruh tubuh, mempengaruhi sendi dan katup jantung.

Penyakit Go tidak hanya menular melalui hubungan seksual, tetapi juga dapat menyebar melalui penggunaan toilet dan air di kamar mandi.

Tanda dan gejala Gonore Kencing Nanah

Bakteri Neisseria adalah penyebab gonore. Penyakit ini ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui vagina, mulut, anus atau hubungan seksual.

Sebagian besar, penyebaran penyakit ini adalah karena hubungan seks yang tidak sehat.

Masa inkubasi bakteri ini antara 2 dan 30 hari dengan sebagian besar gejala terjadi antara 4-6 hari setelah infeksi. Hanya sedikit orang yang sakit tanpa gejala seumur hidup. Antara 30% dan 60% penderita Gonore tidak menunjukkan gejala penyakit atau tanpa gejala yang jelas.

penyakit gonore

Gejala Gonore pada laki-laki:

Berikut adalah beberapa gejala kencing nanah pada pria, antara lain :

  • Keluar cairan tidak normal dari kelamin, disertai rasa sakit dan kadang-kadang kambuh saat buang air kecil. Gejala dapat berkembang dalam dua hingga 30 hari setelah infeksi.
  • Cairan tersebut biasanya berwarna kuning kehijauan
  • Untuk gejala awal biasanya muncul sedikit dan bercak di celana dalam
  • Sering merasa ingin buang air kecil
  • Gejala lain seperti demam, suhu badan meningkat
  • Sariawan
  • Gangguan pada pencernaan
  • dan gejala lainnnya

Sebagian kecil pria dengan penyakit ini mungkin tidak menunjukkan gejala.

Infeksi ini dapat berpindah ke prostat, vesikula seminalis dan bulimia, menyebabkan rasa sakit dan demam.

Apabila Anda tidak melaukan pengobatan, maka gonore dapat menyebabkan infertilitas.

Pria yang terserang bakteri ini mungkin mengeluhkan rasa sakit pada buang air kecil dan sekresi berpori tebal di uretra (juga dikenal sebagai penyakit kemih, penyakit yang paling umum), kemerahan mungkin muncul di pembukaan uretra eksternal, dan infeksi dapat meningkat ke epididimis, testikel atau kelenjar prostat, menyebabkan gejala seperti nyeri atau skrotum bengkak.

Gejala Gonore pada wanita

Pada wanita, gejala dan tanda kencing nanah biasanya relatif lebih ringan. Banyak yang mengabaikan gejala ringan tersebut, hal ini menyebabkan banyak wanita yang akhirnya sadar setelah kondisinya menjadi parah.

Berikut adalah gejala kencing nanah pada Wanita biasanya muncul, antara lain :

  • keputihan
  • susah buang air kecil
  • sakit saat buang air kecil
  • perdarahan diluar periode menstruasi
  • pendarahan setelah hubungan seksual
  • sakit saat berhubungan seks
  • termasuk sekresi vagina
  • Rasa sakit di perut bagian bawah
  • iritasi pada alat kelamin,
  • nyeri atau nyeri ulu hati saat buang air kecil dan
  • pendarahan abnormal.

Gejala lain yang bisa muncul biasanya juda radang panggul, termasuk kram, nyeri, perdarahan antara periode menstruasi, muntah atau demam.

Wanita yang mengabaikan gejala-gejala ini tidak diobati bisa berpotensi memiliki komplikasi serius.

Infeksi biasanya akan menyebar ke rahim, saluran telur, dan indung telur, menyebabkan penyakit radang panggul (PID).

Kemungkinan peningkatan produksi hormon pria biasa terjadi. Infeksi pada uretra (uretra) menyebabkan sedikit kesulitan buang air.

Kehadiran kedua uretritis dan serviks sangat mendukung diagnosis gonore, dan pasien sering terinfeksi di kedua situs dengan gonorrhea.

Penyakit gonore juga bisa menjadi arthritis yang menular (menghasilkan nanah atau berjamur). Penglihatan kabur dengan satu mata dapat terjadi pada beberapa kasus dewasa.

Pria memiliki risiko 20% terkena infeksi dari hubungan seks vagina sekali dengan seorang wanita dengan kencing nanah. Perempuan memiliki risiko 60-80% mendapatkan infeksi dari hubungan seks vagina sekali dengan seorang pria dengan kencing nanah. Ibu yang terinfeksi dapat melahirkan anaknya saat persalinan, suatu kondisi yang dikenal sebagai oftalmologi neonatal.

Pengobatan Gonore

Pengobatan Gonore atau kencing nanah menggunakan Antibiotik. Antibiotik biasanya bermanfaat untuk membunuh bakteri dan mencegah bakterinya berkembang biak.

Tingkat resistensi antibiotik tetrasiklin pada bakteri ini sekarang sangat tinggi, membuatnya hampir tidak efektif di sebagian besar dunia.

Untuk menggunakan antibiotik yang tepat, Anda harus melalui pemeriksaan langsung dengan dokter. Hubungi dokter terdekat, klinik kesehatan maupun tenaga medis profesional di sekitar Anda.

Beberapa jenis antibiotik tidak bisa digunakan untuk ibu hamil dan menyusui. Selain itu penggunaan antibiotik yang tidak tepat bisa menyebabkan bakteri gonococcus menjadi resisten. Artinya menjadi kebal terhadap obat-obatan.

Penting untuk dicatat bahwa setiap pasangan seksual harus juga diperiksa apakah pasangannya terinfeksi kencing nanah atau tidak, untuk mencegah penyebaran penyakit dan mencegah infeksi ulang kencing nanah.

Penderita kencing nanah juga riskan terkena penyakit menular seksual lainnya. Banyak kasus ditemukan jika klamidia dan gonore sering ditemukan dari 1 pasien.

Penisilin tidak efektif dalam pengobatan kencing nanah pada rektum, karena bakteri lain yang ada di rektum menghasilkan beta-laktamis, yang menghancurkan penisilin. Pengobatan ini saat ini kurang efektif dalam pengobatan gonorrhea yang menjalar ke tenggorokan, jadi Anda harus memeriksa ulang kondisi 72 jam atau lebih setelah perawatan, dan melakukan pengobatan lagi jika masih dalam kondisi positif.

Meskipun kencing nanah biasanya tidak memerlukan tindak lanjut (kecuali untuk penyakit rektal atau faring), pasien biasanya disarankan untuk meminta hasil 5-7 hari setelah diagnosis untuk memastikan bahwa antibiotik yang mereka terima efektif. Pasien disarankan untuk tidak melakukan hubungan seks selama periode ini.

 Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut dari penyakit kencing nanah, gejala maupun pengobatannya, bisa hubungi kami pada nomor di bawah ini.

Semoga bermanfaat

Salam Sehat,