Keputihan Pada wanita, Jenis, Penyebab dan Pengobatannya

Keputihan Pada Wanita

Keputihan alami berperan penting dalam membersihkan sistem reproduksi wanita dan menjaga kesehatan dan keselamatannya. Cairan yang diproduksi oleh kelenjar di dalam vagina dan leher rahim menghilangkan sel dan kuman yang mati, ini membuat vagina bersih dan membantu mencegah infeksi.

Keputihan sering alami oleh wanita dan bervariasi. Jumlah dan frekuensi keputihan ini serta bau dan warna (warna bervariasi dari transparan menjadi putih susu) sesuai dengan waktu siklus menstruasi.

Misalnya, jumlah keputihan meningkat dalam kasus ovulasi, laktasi atau iritasi seksual. Dalam kasus kehamilan, baunya mengalami dehidrasi atau kurangnya perhatian pada kebersihan pribadi.

Jenis keputihan ini berbahaya bagi wanita. Namun, jika warna, bau atau tekstur tampak abnormal, terutama jika disertai dengan rasa gatal atau vagina terasa panas, mungkin ada infeksi atau gangguan penyakit kelamin lainnya.

Jenis keputihan vagina

Ada beberapa jenis cairan vagina yang berbeda, dan jenis ini diklasifikasikan berdasarkan warna dan kekuatan. Beberapa jenis debit normal, tetapi keputihan lain dapat menunjukkan gangguan laten yang perlu diobati.

Cairan putih

Keputihan putih, terutama pada awal atau akhir siklus menstruasi, adalah normal. Tetapi jika dikombinasikan dengan rasa gatal atau tebal dengan tekstur seperti quagmire, mereka tidak alami dan perlu dirawat. Jenis keputihan ini mungkin merupakan tanda infeksi jamur.

Keputihan transparan dan akuatik

Keputihan transparan dan akuatik benar-benar alami dan dapat terjadi kapan saja setiap bulan. Dapat meningkatkan intensitas setelah latihan.

Keputihan transparan dan lentur

Keputihan menunjukkan ketika mereka transparan tetapi kenyal dan lendir, daripada berair, sering mengakibatkan ovulasi. Jenis kotoran ini normal.

Keputihan coklat atau berdarah

Keputihan coklat atau darah biasanya normal, terutama ketika terjadi selama atau segera setelah menstruasi. Keputihan pada akhir periode menstruasi mungkin terlihat seperti merah. Wanita juga dapat memiliki keputihan darah dalam jumlah kecil antara kebiasaan bulanan, yang kita sebut bercak. Jika Anda memiliki epilepsi pada saat periode menstruasi normal Anda, dan Anda baru saja berhubungan seks tanpa menggunakan kontrasepsi, itu bisa menjadi tanda kehamilan. Degenerasi pada tahap pertama kehamilan mungkin merupakan tanda keguguran spontan, jadi Anda harus berbicara dengan dokter Anda dalam kasus ini.

Keputihan coklat atau darah terkadang menunjukkan kanker serviks stadium lanjut . Inilah sebabnya mengapa perlu untuk melakukan pemeriksaan panggul tahunan dan melakukan Pap Smear smear, di mana ginekolog memeriksa kelainan pada serviks .

Keputihan kuning atau hijau

Keputihan kuning atau hijau, terutama ketika tebal, kental atau berbau busuk, tidak normal. Jenis lendir ini mungkin merupakan tanda trikomoniasis, yang menyebar melalui hubungan seksual.

Di sini kami menyajikan tabel rinci yang menunjukkan hubungan antara tipe keputihan abnormal dan gejala lain yang terkait dengan alasan:

Jenis keputihan

Kemungkinan Penyakit

Gejala lainnya

Struktur atau darah Haid tidak teratur, dan dalam kasus kanker serviks atau endometrium yang lebih rendah Pendarahan vagina abnormal, nyeri panggul
Turbid atau kuning Gonore Perdarahan antara siklus, urin halus, nyeri panggul
Beige, kuning atau hijau dengan bau busuk Trichomoniasis Rasa sakit dan gatal saat buang air kecil
Vas Perdarahan lumbal postpartum
Cheesecake putih tebal Infeksi jamur Nyeri dan pembengkakan di sekitar vulva, gatal, nyeri saat berhubungan seksual
Putih, abu-abu atau kuning dengan bau ikan Vaginitis bakteri Gatal atau terbakar, kemerahan dan pembengkakan vagina atau vagina

Penyebab keputihan vagina

Dinding vagina dan serviks mengandung kelenjar yang mengeluarkan sejumlah kecil cairan yang membuat vagina bersih. Vagina keputihan biasanya transparan atau putih dan tidak berbau busuk.

Ada infeksi berbeda yang dapat menyebabkan perubahan dalam jumlah, warna, warna, atau bau keputihan. Mereka termasuk:

Vaginosis bakterial

Gangguan yang terjadi karena ketidakseimbangan dalam pertumbuhan bakteri yang terjadi secara alami di vagina. Kami biasa menyebut kondisi ini nama vaginitis Gardnarella vaginitis atas nama kuman tunggal yang terkait erat dengan infeksi vagina .

Trichomoniasis

Adalah infeksi yang Anda dapatkan karena satu mikroskopi sel yang disebut vaginal prickle. Infeksi ini ditularkan melalui hubungan seksual.

Gonore atau kencing nanah

Penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang disebut Neisseria gonorrhoeae.

Chlamydia

Merupakan penyakit menular seksual lainnya yang disebabkan oleh Chlamydia trachomatis. Meskipun wanita mungkin tidak memiliki gejala pada penyakit ini, kami mungkin mencatat cairan vagina.

Infeksi jamur (kandidiasis)

Ini terjadi ketika pertumbuhan sarapan di vagina meningkat, sering karena mengonsumsi antibiotik atau faktor lain yang mempengaruhi keseimbangan alami bakteri di daerah vagina. Candida adalah jenis jamur yang sering menyebabkan kondisi.

Trichomoniasis, gonorrhea dan gingivitis dikenal sebagai penyakit menular seksual, sedangkan vaginitis bakteri dan infeksi jamur tidak.

Pendarahan vagina adalah bentuk lain dari keputihan: Infeksi yang kami sebutkan sebelumnya menyebabkan keputihan abnormal tanpa perdarahan vagina yang signifikan.

Faktor risiko keputihan vagina

Beberapa faktor risiko untuk keputihan abnormal meliputi:
  • Berganti-ganti pasangan seksual.
  • Tidak menggunakan kondom saat berhubungan seks di luar nikah.
  • Diabetes .
  • Setiap gangguan menyebabkan kelemahan sistem kekebalan.
  • Gangguan Rahim.
  • Penggunaan antibiotik.
  • Penggunaan obat kontrasepsi oral.

Gejala keputihan vagina

Warna keputihan bervariasi dari putih ke abu-abu, kuning, hijau atau putih susu. Ini bisa berbau atau amis. Gejala dan karakteristik keputihan bergantung pada gangguan spesifik yang menyebabkan keputihan:

  1. Vaginitis bakteri: Semua wanita dengan vaginosis bakterial tidak menderita gejala, tetapi biasanya menyebabkan ekskresi tipis, putih ke abu-abu. Keputihan biasanya disertai dengan bau seperti ikan.
  2. Trichomoniasis: Trichomoniasis disebabkan oleh keputihan yang kekuningan, kekuningan, berbau tajam. Gejala mungkin termasuk: ketidaknyamanan selama hubungan seksual dan buang air kecil, serta iritasi dan gatal di daerah genital.
  3. Gonore: Gonore tidak dapat menyebabkan gejala pada setengah dari wanita yang terinfeksi, tetapi dapat menyebabkan rasa panas saat buang air kecil atau sering buang air kecil, keputihan berwarna kuning, kemerahan dan pembengkakan di daerah genital, serta rasa terbakar dan gatal di daerah genital.
  4. Chlamydia: Seperti kencing nanah, chlamydia tidak dapat menyebabkan gejala pada wanita dengan itu, dan yang lain dapat mengeluhkan cairan vagina dan gejala infeksi saluran kencing jika uretra terinfeksi.
  5. Infeksi Jamur Infeksi jamur biasanya berhubungan dengan keputihan putih pekat yang dapat mirip dengan keju Quraish. Keputihan di sini biasanya tidak berbau.Gejala lain termasuk mulas, nyeri dan nyeri saat buang air kecil atau hubungan seksual.

Diagnosis keputihan vagina

Riwayat dan pemeriksaan medis

Untuk mendiagnosis penyebab keputihan yang abnormal, dokter Anda akan mengambil riwayat medis Anda secara rinci. Pertanyaan seperti:

  1. Apa warna yang kamu punya?
  2. Kapan keputihan dimulai?
  3. Apakah keputihan berbau?
  4. Adakah gatal atau nyeri di daerah vagina?
  5. Apakah Anda merasa sakit saat berhubungan seksual?
  6. Apakah Anda baru saja meminum antibiotik?

Dokter Anda dapat melakukan pemeriksaan panggul yang melibatkan vagina, vagina dan leher rahim.

Tes diagnostik

Dokter dapat mengambil sampel selama pemeriksaan fisik untuk menentukan jenis mikroba. Tergantung pada usia pasien dan riwayat seksualnya, tes lain dapat dilakukan untuk menentukan apakah dia memiliki penyakit menular seksual. Dokter dapat memberikan Pap Smelar (Papanicolaou Test) untuk melihat apakah ada sel-sel abnormal.

Diagnosis keputihan vagina: mengambil sampel selama pemeriksaan fisik untuk menentukan jenis mikroba

Cara Mengobati Keputihan 

Perawatan sekret vagina tergantung pada penyebab pastinya, dan perawatan bertujuan untuk meredakan gejala dan membasmi infeksi.

Pengobatan keputihan di rumah

Berikut langkah langkah demi langkah untuk mengajari Anda cara menghadapi pengamatan Anda terhadap keputihan:

  • Identifikasi cairan vagina dari anomali alami

Keputihan alamiah berwarna bening atau susu. Pelumasan alami ini membantu membersihkan vagina dan membuatnya bebas dari patogen. Keputihan alami tidak mencium baunya. Keputihan tipis dan flossy dan dapat memiliki bintik-bintik putih. Jika keputihan Anda dari kualitas ini tidak perlu khawatir.

  • Ketahui jenis keputihan vagina

Ada berbagai jenis cairan vagina yang kita urutkan berdasarkan warna dan tekstur. Anda bisa merujuk ke jenis keputihan yang kami sebutkan untuk mengetahui jenis keputihan yang Anda miliki.

  • Pertimbangkan kondisi fisik Anda

Faktor-faktor yang mempengaruhi keputihan termasuk apa yang Anda makan, waktu Anda, apakah Anda menggunakan kontrasepsi oral, apakah Anda menyusui, obat-obatan yang Anda ambil, apakah Anda sedang hamil, atau menderita stres.

  • Carilah benda-benda asing

Membiarkan bantalan vagina untuk waktu yang lama dapat menyebabkan keputihan. UFO menyebabkan peningkatan keputihan ketika tubuh mencoba untuk mengeluarkannya.

  • Perlakukan keputihan Anda sendiri

Gunakan tisu bayi. Bersihkan kotoran dengan tisu bayi saat Anda memasuki kamar mandi. Cobalah untuk tidak memasukkan saputangan ke dalam vagina Anda, Anda hanya harus membersihkan bagian luar (vagina). Gunakan tisu tidak beraroma dengan sedikit bahan kimia mungkin.

  • Ganti pakaian dalammu

Mengubah pakaian dua atau tiga kali sehari membantu memecahkan masalah. Ini akan menjauhkan kuman dari vagina dan akan meredakan ketidaknyamanan dan bau.

Pastikan untuk mengenakan jenis yang tepat untuk Anda, karena mengenakan jenis yang tidak pantas dapat menyebabkan masalah Anda. Kenakan pakaian katun dengan ventilasi yang memadai.

  • Sensitivitas area sensitif

Cobalah untuk menunjukkan diri Anda sebanyak mungkin udara. Anda dapat tidur telanjang atau berjalan di sekitar rumah Anda dengan pakaian Anda jika Anda bisa.Udara melindungi kulit dari iritasi dan mengurangi risiko infeksi. Ini juga membantu untuk mengobati masalah yang sama jika ada ketidakseimbangan dalam keseimbangan bakteri di dalam tubuh, karena udara berfungsi mengembalikan keseimbangan pada tubuh.

  • Gunakan pembalut atau handuk sanitasi dalam kasus yang parah

Cobalah untuk tidak menggunakan metode ini banyak karena keputihan adalah cara alami untuk membersihkan tubuh Anda, tetapi Anda dapat menggunakan handuk dalam situasi darurat, dan mencoba mengubahnya sesering mungkin.

  • Herbal untuk pengobatan cairan vagina

Herbal adalah perawatan yang aman dan efektif untuk melindungi diri Anda dari keputihan. Banyak obat herbal efektif dalam menghilangkan infeksi mukosa vagina.Beberapa dari mereka bekerja langsung untuk mengurangi jumlah cairan vagina. Dari jamu-jamuan itu:

  • Kertas Blackberry Raspberry Leaf

Daun Blackberry memiliki sifat memegang kuat yang secara langsung mengurangi keputihan. Sifat memegang dari daun blackberry membantu memperkuat otot-otot rahim dan vagina, sementara pada saat yang sama mensterilkan rahim. Anda bisa menggunakan teh yang berbentuk blackberry untuk diminum.

Cara menggunakan: Tambahkan 1 sendok makan atau 2 sendok teh daun blackberry ke secangkir air mendidih, dan biarkan selama 10-15 menit untuk memfermentasi sebelum selesai dan minum.

  • Quill Dong Quai Cina

Herbivora Cina dapat digunakan untuk mengurangi keputihan pada beberapa wanita.Ramuan Cina adalah ramuan yang tumbuh di Cina, Korea dan Jepang dan digunakan untuk mengembalikan keseimbangan hormon wanita pada wanita. Herbivora Cina dapat diambil secara lisan dengan mengambil bubuk akar, akar kering, ekstrak cair, dan olahan kertas kering.

  • Peony Putih Peony Putih

Akar peony memiliki sifat anti-inflamasi, obat penenang, obat penenang dan analgesik yang membantu meringankan keputihan dengan mengatur hormon pada wanita. Peony putih juga mendapat manfaat dari pengobatan gejala menopause , ketidakteraturan menstruasi dan hot flashes, serta keputihan dan perdarahan menstruasi. Peony putih juga digunakan untuk mencegah aborsi dan mengobati banyak penyakit ginekologis.Dosis peony adalah 4 miligram ekstrak akar tiga kali sehari.

  • Cincin Fenugreek

Cincin tersebut membantu meringankan kelebihan cairan vagina dengan memperingatkan rahim dan mengatur hormon wanita. Benih-benih cincin dapat diterapkan ke bentuk pasta untuk mengobati kista, dewormes, bisul dan luka bakar, atau vagina dapat dicuci untuk mengobati cairan vagina. Dosis yang dianjurkan adalah 20 mg tiga kali sehari dengan makan.

Obat Antibiotik untuk keputihan

Pilihan obat untuk mengobati keputihan tergantung pada tipenya. Antibiotik dan fungisida adalah perawatan utama, yang kami berikan baik secara topikal, baik secara oral maupun oral, tergantung pada infeksi.

Kami menggunakan obat-obatan oral, suntik dan topikal (digunakan sebagai supositoria atau krim di daerah vagina) untuk mengobati penyebab berbagai keputihan.

Infeksi Vagina Bakterial

Ada sejumlah obat yang efektif untuk pengobatan vaginosis bakteri, seperti metronidazol (flagel), krim oksidazol dan klindamisin. Obat-obat ini juga efektif dalam pengobatan trikomoniasis.

Obat untuk pengobatan trikomoniasis

Ini diobati dengan metronidazole atau tannidazole, yang diberikan secara oral dengan dosis tunggal. Penting untuk mengobati suami pada saat yang sama untuk mencegah kembalinya infeksi.

Obat-obatan untuk mengobati kencing nanah

Di masa lalu, penicillin adalah obat yang lebih disukai untuk kencing nanah. Namun, strain gonore yang modern telah menjadi resisten terhadap banyak antibiotik, termasuk penisilin, membuat pengobatan menjadi sulit. Dokter sekarang menggunakan suntikan ceftriaxone atau tablet cefixime oral.

Obat untuk mengobati klamidia

Chlamydia biasanya diobati dengan krim topikal seperti butoconazole, clotrimazole, atau miconazole. Nistatin tersedia sebagai tablet vagina. Obat-obatan oral seperti flukonazol juga dapat digunakan bila diperlukan.

Cara Mencegah keputihan pada vagina

  • Setelah memasuki toilet, selalu bersihkan dari depan ke belakang. Ini akan melindungi Anda dari membawa kuman dari area anus ke area vagina.
  • Kenakan pakaian katun di siang hari karena kapas memungkinkan kulit untuk “bernafas”. Jangan memakai pakaian dalam saat Anda tidur.
  • Jangan memakai celana, kaus kaki panjang, baju renang, celana pendek, dan gaun tari lengan panjang.
  • Bubuk pencuci atau alas kain lainnya jika Anda curiga mengiritasi area genital.
  • Hindari bak air panas.
  • Jangan gunakan lavage vagina.
  • Mandilah atau berendam setiap hari dan sembuhkan area genital dengannya.